Penulis : Rahmawati Aprilia (DD 34)

Gigi dan mulut menjadi gerbang kesehatan tubuh kita. Apabila keduanya bermasalah, kita pasti akan merasakan ketidaknyamanan pada tubuh. Begitu pula saat tubuh sedang tidak fit, tidak jarang gejala akan timbul pada mulut. Gejala pada mulut yang sering timbul seperti sariawan, mulut terasa asam, gusi berdarah, dan lain-lain. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Di masa pandemi Covid-19 ini, kebiasaan merawat gigi dan mulut terjadi penurunan khususnya pada kebiasaan menyikat gigi (Kemkes, 2021). Padahal menjaga kesehatan gigi dan mulut memiliki banyak manfaat serta penting untuk menjaga kesehatan kita secara menyeluruh. Menjaga kesehatan gigi dan mulut juga kerap disebut dapat meningkatkan kualitas hidup. Manfaat dari menjaga kesehatan gigi dan mulut diantaranya dapat meningkatkan rasa percaya diri, meningkatkan memori otak, menurunkan risiko terjadinya penyakit kardiovaskular, seperti stroke dan jantung coroner. Manfaat lainnya dapat menurunkan risiko penyakit infeksi saluran pernapasan, munculnya penyakit autoimun, dan menurunkan risiko ibu hamil melahirkan bayi prematur. Berbagai manfaat tersebut dapat diperoleh ketika kita menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan baik. Berikut ini beberapa langkah untuk menjaga serta mencegah masalah kesehatan gigi dan mulut:

1. Menggosok gigi secara rutin

Menggosok gigi dilakukan untuk memilihara kebersihan mulut dan menghilangkan plak. Pastikan memilih serta menggunakan sikat gigi yang tepat dan rutin mengganti sikat gigi setiap 3-4 sekali. Gunakan sikat gigi yang berbulu halus dan pasta gigi berflouride untuk membantu memperkuat gigi. Cara menyikat gigi juga perlu diperhatikan yaitu dengan menyikat seluruh permukaan gigi selama dua menit dan dilanjutkan berkumur satu kali. Dalam sehari kita dianjurkan untuk menggosok gigi sebanyak 2-3 kali, selebihnya justru dapat merusak lapisan luar gigi dan melukai gusi.

2. Mengurangi konsumsi makanan yang manis dan lengket

Bukan tidak boleh mengonsumsi makanan manis dan lengket, tetapi dengan mengurangi dan segera menggosok gigi agar bersih dari sisa makanan dapat menghindari risiko masalah gigi dan mulut.

3. Membiasakan konsumsi makanan berserat dan menyehatkan

Makanan berserat selain baik untuk kesehatan tubuh, juga baik untuk kesehatan gigi dan mulut. Makanan menyehatkan seperti buah-buahan pencuci mulut dapat membantu membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel pada sela gigi.Opsi lain dengan mengunyah permen karet bebas gula setiap selesai makan dapat meningkatkan produksi air liur sehingga membantu membilas mulut dari sisa makanan dan bakteri.

4. Tidak merokok

Tidak hanya membahayakan tubuh, merokok memiliki dampak buruk bagi gigi dan mulut. Merokok dapat meningkatkan risiko gangguan gigi dan mulut seperti bau mulut, penumpukan plak dan karang gigi, serta perubahan warna gigi. Banyak hal yang dapat dilakukan untuk menghentikan kebiasaan buruk ini, salah satunya dengan menggantikan kegiatan merokok dengan mengonsumsi permen karet.

5. Memeriksakan gigi minimal 6 bulan sekali

Memeriksakan gigi ketika sudah bermasalah merupakan kebiasaan buruk yang harus dihindari. Sebaiknya melakukan kontrol gigi dalam keadaan baik dan rutin setiap 6 bulan sekali.

Beberapa langkah di atas dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Namun yang tidak kalah penting, kita juga harus memperhatikan kebersihan makanan yang dikonsumsi serta memperhatikan kebersihan tangan saat makan. Jadi sudahkah kita menjaga kesehatan gigi dan mulut?

 

Referensi:

Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kemenkes. 2016. Cara Mencegah Penyakit Gigi dan Mulut. Kemenkes RI. Dapat diakses di https://promkes.kemkes.go.id/?p=5879

Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kemenkes. 2016. Pentingnya Pemeriksaan Gigi dan Mulut 6 Bulan Sekali. Kemenkes RI. Dapat diakses di https://promkes.kemkes.go.id/?p=5882

Kemenkes. 2021. Survey Menunjukkan Kebiasaan Gosok Gigi Menurun Saat Pandemi Covid-19. Kemenkes RI. Dapat diakses di https://www.kemkes.go.id/article/view/21031900002/survey-menunjukkan-kebiasaan-gosok-gigi-menurun-saat-pandemi-covid-19.html

Listerine’s cite. 2020. 4 Cara Menjaga Kesehatan Gigi. Listerine: PT Johnson. Dapat diakses di https://www.listerine.co.id/ketahui-cara-menjaga-kesehatan-gigi-dan-mulut-beserta-manfaatnya-di-sini

 


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.