Air merupakan hal yang sangat dibutuhkan bagi manusia. Pada orang dewasa sebagian besar tubuh manusia tersusun dari air yaitu sebesar 55%-65% dari massa tubuh. Menurut US National Academy of Medicine (2004) bahwa kebutuhan air pada dewasa laki-laki sebesar 3,7 liter per hari dan perempuan sebesar 2,7 liter per hari. Proses menjaga keseimbangan air digambarkan sebagai “hidrasi”. (Liska et al., 2019). Sedangkan “dehidrasi” berarti berkurangnya total air pada tubuh atau cairan yang dikeluarkan oleh tubuh melebihi cairan yang masuk (Shaheen et al., 2018).

Tanda gejala seseorang mengalami dehidrasi: kelelahan, haus, kulit dan bibir kering, warna urine pekat, pengeluaran urine menurun, sakit kepala, kram otot, pingsan, orthostatic hypotension, dan jantung berdebar. Tanda vital mungkin menunjukkan hipotensi (dehidrasi berat), takikardia, demam, dan takipnea. 

Penyebab seseorang mengalami dehidrasi antara lain aktivitas fisik, keringat berlebih, paparan panas, pengobatan, penyakit, demam, kehilangan cairan, luka bakar, diare, muntah, dan lainnya.

Dampak dehidrasi antara lain adanya penurunan kemampuan kognitif, penurunan memori segera/atensi sehingga sulit berkonsentrasi, sakit kepala, kelelahan, risiko infeksi saluran kemih dan terbentuknya batu ginjal, kerusakan organ vital.

Tiga tingkatan dehidrasi: 

  1. dehidrasi ringan terjadi ketika tubuh kehilangan 3-5% cairan, 
  2. dehidrasi sedang ketika tubuh kehilangan 5-10% cairan, dan 
  3. dehidrasi berat ketika tubuh kehilangan lebih dari 10% cairan. (Fukushima et al., 2018)

Dengan mengetahui gejala dan dampak dehidrasi diatas, kita diharapkan mampu meningkatkan kewaspadaan serta kesadaran terhadap diri sendiri untuk bisa mencukupi kebutuhan cairan pada tubuh. Konsumsi air putih yang disarankan untuk orang dewasa adalah 2 liter per hari atau 8 gelas dengan ukuran 250 mL. Selain dari minuman, makanan juga dapat memberikan asupan cairan pada tubuh yaitu sekitar 20% yang dapat diperoleh dari buah dan sayur.

Tips memenuhi kebutuhan air putih setiap hari:

  1. Sediakan gelas atau botol berisi air minum di meja atau tas  yang akan dibawa saat aktivitas setiap hari. Dengan demikian, kita akan teringat untuk mengonsumsinya.
  2. Cobalah untuk membiasakan minum air putih setiap waktu makan atau saat mengonsumsi camilan. 

Kita bisa menambahkan rasa pada air putih agar terasa lebih enak. Salah satunya dengan menambahkan irisan buah-buahan seperti pada minuman infused water.

 

 

Referensi:

Maulana, R., Caesardi, M. R., & Setiawan, E. (2021, April). CLASSIFICATION OF DEHYDRATION LEVELS BY URINE CONDITION, HEART RATE AND RESPIRATORY RATE. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK), 8(2), 365-372. 10.25126/jtiik.202184379

Taylor, K. dan Jones, E. B. (2021) Adult Dehydration. StatPearls Publishing.

Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan. (2023, January 5). Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan. Retrieved April 8, 2024, from https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/2035/penuhi-kebutuhan-air-putihmu-setiap-hari


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.