Siapa yang kalau lagi stress suka makan yang manis? Apalagi kalau lagi dikejar deadline, pasti dessert selalu jadi andalan mengatasi rasa cemas, salah satunya cokelat.

Secara umum, mengonsumsi sesuatu dikaitkan dengan mood dan perasaan. Misalnya, orang yang sedang berada dalam perasaan yang positif cenderung untuk memilih makanan yang lebih bernutrisi, sedangkan orang yang berada dalam perasaan lebih negatif cenderung memilih makanan yang instan atau yang kurang sehat.

Kecemasan merupakan rasa khawatir atau takut dalam situasi tertentu yang sangat mengancam dan menyebabkan kegelisahan karena terdapat ketakutan bahwa sesuatu yang buruk akan terjadi dan ketidakpastian di masa mendatang. Penyebab rasa cemas dapat berasal dari faktor psikologis, lingkungan, dan biologis. Walau begitu, ada juga beberapa senyawa yang terlibat dalam regulasi emosi dan berkontribusi pada rasa cemas seperti gamma-aminobutyric acid (GABA), serotonin, melatonin, histamin, dan asetilkolin.

Lalu bagaimana sih peran cokelat dalam mengurangi rasa cemas? 

Konsumsi cokelat, terutama dark chocolate mampu mempengaruhi perasaan kita karena adanya interaksi antara sistem pencernaan dan sistem saraf pusat yang dapat mengatur mood seseorang. 

Kandungan alkaloid seperti teobromin dan feniletilamin dalam cokelat mampu memberikan efek pada tubuh secara psikologis, yakni merelaksasikan otot dan memberikan efek menenangkan. Asam amino triptofan di dalam cokelat juga berkaitan dengan kadar serotonin pada otak sehingga dapat mempengaruhi mood dan suasana hati menjadi lebih baik. Mengonsumsi cokelat juga dapat membantu melepaskan endorfin yang biasa dikenal sebagai “hormon kebahagiaan”.

Selain itu, ada juga beberapa manfaat lain dari konsumsi cokelat :

  • Serat

Cokelat hitam mengandung serat yang penting untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan dan mencegah sembelit. Serat makanan juga membantu menjaga kadar gula darah yang sehat.

  • Mineral

Cokelat mengandung mineral seperti magnesium,  besi, tembaga, dan mangan. Magnesium berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang serta fungsi otot dan saraf. Zat besi diperlukan untuk pembentukan sel darah merah, dan tembaga serta mangan diperlukan untuk metabolisme dan fungsi enzim.

  • Antioksidan

Cokelat mengandung antioksidan yang tinggi, terutama flavonoid. Antioksidan membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, sehingga mengurangi risiko penyakit jantung, kanker, dan penuaan dini.

  • Kesehatan jantung

Mengonsumsi cokelat hitam dengan kandungan kakao yang tinggi mempunyai efek positif bagi kesehatan jantung. Flavonoid yang terdapat dalam cokelat meningkatkan fungsi pembuluh darah, menjaga kesehatan tekanan darah, mengurangi peradangan, dan melindungi jantung dari kerusakan.

Namun, penting untuk diingat bahwa manfaat cokelat bagi kesehatan bergantung pada jumlah dan jenis cokelat yang Anda konsumsi. Lebih baik memilih cokelat hitam dengan kandungan kakao yang  tinggi dibandingkan cokelat susu yang tinggi gula dan lemak.

Meskipun demikian, penting untuk diperhatikan bahwa cokelat tidak boleh digunakan sebagai pengganti makanan sehat lainnya sebagai bagian dari diet seimbang. Mengonsumsi terlalu banyak cokelat dapat menyebabkan penambahan berat badan dan masalah kesehatan lainnya. Oleh karena itu, tetap jaga pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan seimbang dan mengonsumsi cokelat secukupnya.

 

 

Referensi :

Claresta, L. J., and Purwoko, Y.. (2017). PENGARUH KONSUMSI COKELAT TERHADAP TINGKAT KECEMASAN MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN PRAUJIAN. Jurnal Kedokteran Diponegoro (Diponegoro Medical Journal), 6(2), pp. 737-747.

Meier, B. P., Noll, S. W., & Molokwu, O. J. 2017. The sweet life: the effect of mindful chocolate consumption on mood. Appetite, 108, pp. 21-27.

Saras, T. (2023). Manisnya Dunia Cokelat: Sejarah, Khasiat, dan Penggunaan Cokelat dalam Kehidupan Sehari-hari. Semarang: Tiram Media.

AKG. (2023). Makan Junk Food Bisa Bikin Cemas?. Info Gizi AKG. Tersedia di: https://akg.fkm.ui.ac.id/makan-junk-food-bisa-bikin-cemas/ (Diakses: 17 Februari 2024)


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.