Oleh : Enggar Tyas R (DD 32)

Mata adalah salah satu organ indera yang penting bagi manusia. Melalui rangkaian proses yang terjadi di dalam mata, kita mendapatkan banyak informasi tentang objek yang ada di sekitar. Oleh karena itu penting bagi kita untuk menjaga kesehatan mata, terlebih di era daring seperti saat ini, dimana kegiatan kita lebih banyak dilakukan di depan layar laptop/smartphone. `


Untuk menyikapi adanya pandemi COVID-19, pemerintah mengeluarkan berbagai aturan, salah satunya adalah dilakukannya pembelajaran secara daring/online. Pembelajaran daring dapat diartikan sebagai pembelajaran yang mempertemukan mahasiswa dan dosen untuk berinteraksi dan melakukan proses pembelajaran melalui internet. Nah, dalam pelaksanaannya, perkuliahan/pembelajaran daring ini memerlukan perangkat seperti smartphone, laptop, komputer, tablet, dll untuk mengakses informasi kapanpun dan dimanapun (Kuntarto,2017 ; Gikas & Grant, 2013).
Dengan adanya sistem pembelajaran daring, mau tidak mau kita harus menatap layar laptop/smartphone dengan durasi yang lebih lama dari biasanya. Jika mata kita menatap layar laptop/smartphone secara terus menerus maka dapat terjadi masalah pada penglihatan yang disebut dengan Computer Vision Syndrome. Masalah ini ditandai dengan dua hal, yaitu dry eye/mata kering dan eyestrain/mata tegang/lelah. Mata kering dapat terjadi ketika kita terlalu lama menatap layar sehingga lupa/kurang berkedip. Berkedip diperlukan untuk mengembalikan lapisan cairan tipis pada mata yang berfungsi untuk melindungi permukaan mata. Kalau kita kurang berkedip, maka mata kita akan terasa kering, kurang nyaman, dan penglihatan dapat menjadi kabur. Sementara itu, eyestrain/mata lelah adalah masalah yang terjadi karena kecerahan dari layar elektronik yang terlalu terang (Harvard Health Publishing, 2017).

Nah, lalu bagaimana caranya agar mata kita tetap sehat di era daring ini? Berikut beberapa tips yang bisa kita terapkan :
1. Jaga jarak mata dengan layar minimal 40-50 cm.
Mata bekerja lebih keras ketika jarak pandang kita terlalu dekat. Jadi lebih baik jangan terlalu dekat ya, agar mata tidak mudah lelah.
2. Hindari layar yang terlalu silau.
Layar yang terlalu terang akan membuat mata terasa tidak nyaman. Untuk mengurangi kecerahan layar, pada beberapa tampilan kita bisa memilih mode gelap/dark mode. Mode ini akan terasa lebih nyaman ketika dilihat.
3. Terapkan rumus 20-20-20.
Rumus ini memiliki arti “setiap memandang layar laptop/smartphone selama 20 menit, istirahatkan mata selama 20 detik dengan memandang objek yang berjarak 20 kaki (sekitar 6 m).” Hal ini dapat membuat mata menjadi lebih rileks.
4. Lakukan relaksasi mata.
Untuk mengurangi mata lelah kita bisa melakukan beberapa hal, yaitu memijat area di sekitar mata dengan lembut untuk meningkatkan sirkulasi darah, menggosok kedua tangan sampai hangat lalu ditempelkan di mata, atau bisa juga dengan menempelken handuk hangat/dingin di mata.
5. Konsumsi makanan yang baik bagi mata.
Makanan yang mengandung banyak vitamin A seperti wortel, bayam, brokoli, susu, dan kuning telur dapat membuat mata kita menjadi lebih sehat. Apalagi di era pandemi COVID-19 saat ini, konsumsi makanan yang bergizi sangat diperlukan untuk membangun pertahanan tubuh yang lebih kuat.
Nah, sudah tahu kan beberapa cara untuk menjaga kesehatan mata? Yuk kita terapkan bersama-sama agar kita dapat mengikuti era daring ini dengan mata yang tetap sehat!

Daftar pustaka :
American Academy of Ophthalmology. 2019. Protect Your Eyes From Too Much Screen Time. Dapat diakses di https://www.aao.org/newsroom/news-releases/detail/protect-your-eyes-from-too-much-screen-time
Gikas, J., & Grant, M. M. (2013). Mobile computing devices in higher education: Student perspectives on learning with cellphones, smartphones & social media. Internet and Higher Education. https://doi.org/10.1016/jjheduc.2013.06.002
Harvard Health Publishing. 2017. Electronic screen alert: Avoid this vision risk. Dapat diakses di https://www.health.harvard.edu/diseases-and-conditions/electronic-screen-alert-avoid-this-vision-risk
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2020. Menjaga Kesehatan Mata di Era Daring. Dapat diakses di : http://www.p2ptm.kemkes.go.id/infographic-p2ptm/gangguan-indera/menjaga-kesehatan-mata-di-era-daring
Kuntarto, E. 2017. Keefektifan Model Pembelajaran Daring dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Indonesian Language Education and Literature, 3(1), 99-110. 10.24235/ileal.v3i1.1820
Occupational Safety and Health Council. 2010. Tips on Eye Protection for Better Visual Health.