Dava Tiara Dewi DD 36

Untuk mencapai kesehatan yang prima, kita harus menerapkan pola hidup sehat. Salah satunya dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang sehat. Dengan makan makanan yang sehat dan mengatur pola makan, maka dapat menjamin tubuh untuk melakukan aktivitas dengan maksimal. Hal ini dikarenakan kebutuhan tubuh akan nutrisi terpenuhi sehingga organorgan dalam tubuh dapat melakukan fungsinya dengan baik. Di sisi lain, ketika tubuh kekurangan nutrisi secara berkelanjutan, maka daya tahan tubuh dapat menurun dan akan menyebabkan timbul suatu penyakit seperti gangguan pencernaan, diabetes, kolesterol, dan masih banyak lagi.

Dalam pemenuhan nutrisi dibutuhkan gizi seimbang harus terkandung komponenkomponen yang cukup secara kuantitas dan secara kualitas. Kandungan makanan yang sehat membutuhkan zatzat gizi seperti

1. Karbohidrat
Karbohidrat merupakan sumber energi utama bagi tubuh yang dapat berupa zat pati dan zat gula. Zat pati biasanya terkandung dalam umbiumbian, sedangkan zat gula biasanya terdapat pada gula pasir, sirup, madu, maupun gula dari sari buahbuahan.

2. Protein
Protein bisa dihasilkan dari hewan maupun tumbuhan yang mampu melakukan pembentukan dan perbaikan selsel dalam tubuh serta protein juga dapat dipecah untuk menghasilkan energi. Bahan makanan yang mengandung protein seperti telur, susu sapi, daging sapi, ayam, kedelai, dan lainlain.

3. Lemak
Lemak tergolong bahan pangan yang memiliki energi lebih tinggi daripada karbohidrat ataupun protein. Dalam hal ini, lemak tersimpan di dalam tubuh pada jaringan adiposa. Contoh bahan makanan yang mengandung lemak seperti
kacang, telur, dan alpukat.

4. Vitamin
Dalam tubuh, vitamin merupakan zat yang dibutuhkan dalam jumlah yang sedikit. Vitamin bersifat esensial atau tidak dapat disintesis oleh jaringan tubuh. Beberapa bahan makanan yang termasuk dalam vitamin A seperti wortel, hati, minyak, ikan, dll. Sedangkan kacangkacangan dan telur termasuk dalam vitamin B.

5. Mineral
Mineral yang dibutuhkan tubuh dibagi menjadi makromineral dan mikromineral. Unsur yang tergolong dalam makromineral yaitu Ca, Na, Cl, Mg, dan S yang banyak berada pada bahan makanan seperti keju, kerang, garam meja, dan kacangkacangan. Sedangkan pada micromineral yang paling banyak berada dalam tubuh manusia adalah Fe

Setelah mengetahui beberapa zatzat yang terkandung dalam makanan yang sehat, kita juga harus mengetahui bagaimana penerapan pola makan yang sehat. Halhal yang perlu diperhatikan dalam menerapkan pola makan sehat antara lain :

1. Hindari makanan yang terkandung bahan pengawet didalamnya
Makanan yang mengandung bahan pengawet biasanya ditemukan dalam makanan kemasan ataupun makanan kalengan. Ketika kita mengonsumsi makanan yang mengandung bahan pengawet maka akan mengakibatkan munculnya penyakit seperti kanker dalam jangka yang panjang.

2. Mengolah makanan dengan tepat
Pengolahan makanan perlu diperhatikan untuk menjaga nilai gizi dalam makanan tersebut. pengolahan makanan dengan cara dikukus, rebus, ataupun menumis dengan sedikit minyak lebih dianjurkan daripada makanan dengan pengolahan dibakar, dipanggang, ataupun digoreng.

3. Perbanyak minum air putih
Tubuh manusia 80% terdiri dari cairan dan apabila kita kekurangan cairan maka sistem kerja organ dalam tubuh akan terganggu. Pada orang dewasa, usahakan mengonsumsi air putih 22,5 liter perhari. Dalam hal ini, mengonsumsi air putih sangat dianjurkan daripada mengonsumsi minuman alkohol, soda, ataupun minuman yang mengandung kafein.

4. Perbanyak makan buah dan sayur
Mengonsumsi buahbuahan dapat mencegah penyakit kanker. Hal ini dikarenakan buah dan sayur mengandung serat yang mampu mengikat zat karsinogen yang merupakan penyebab kanker. Hal yang perlu diperhatikan dalam mengonsumsi buah dan sayur adalah dengan mencuci dengan bersih sebelum dimakan agar terhindar dari kontaminasi bakteri dan pestisida.

5. Konsumsi vitamin atau suplemen
Vitamin ataupun suplemen berfungsi sebagai pelengkap zat gizi yang tidak bisa didapatkan dalam makanan. Dalam hal ini, untuk mengetahui dosis dan suplemen yang sesuai bagian tubuh setiap individu disarankan untuk berkonsultasi kepada dokter.

Setelah membaca apa saja zat gizi yang terkandung dalam makanan yang sehat dan bagaimana penerapan pola makan yang sehat, diharapkan kita semua mengevaluasi pola makan kita apakah sudah sesuai atau belum sesuai. Jangan ragu untuk menerapkan pola makan sehat mulai dari sekarang agar terhindar dari penyakit berbahaya dan tubuh akan menjadi lebih sehat.

 

Referensi :
Siahaan, R. F. (2017). Mengawal Kesehatan Keluarga Melalui Pemilihan dan Pengolahan Pangan yang
Tepat. Jurnal Keluarga Sehat Sejahtera. Vol. 15, No. 2. Medan: Universitas Medan.

 

Nathaniel, A., Sejati, G. P., Perdana, K. K., Lumbantobing, R. D. P., & Heryandini, S. (2018). Perilaku Profesional terhadap Pola Makan Sehat. Indonesia Business Review. Vol. 1, No. 2. Jakarta: Universitas Prasetiya Mulya.

 

Klikdokter’s cite. 2020. 11 Cara Tepat untuk Memulai Pola Makan Sehat: Tim Redaksi KlikDokter. Dapat diakses di https://www.klikdokter.com/rubrik/read/2700362/11caratepatuntukmemulaipola makansehat


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.